Strategi Untuk Menjadi Wirausahawan Yang Sukses

Oleh: IMMawati Zulfa Izzatun Nikmah

Sekretaris Bidang Ekowir PK IMM FKIP 2021-2022


Kewirausahaan merupakan suatu proses mengidentifikasi mengembangkan dan membawa visi ke dalam kehidupan.

Visi yang dimaksud bisa berupa ide atau gagasan yang inovatif. Cara yang lebih baik dalam menjalankan suatu hal dan berpikir untuk mendapatkan peluang. Hasil dari proses tersebut bisa berupa usaha baru yang dibentuk pada kondisi resiko atau ketidakpastian.

Sedangkan arti kata wirausaha yakni seseorang yang membangun atau merintis usaha baru atau bisa juga seseorang yang membuka peluang kerja dengan disesuaikan modal yang ada. Dengan hadirnya pandemi covid 19 pada tahun 2020 banyak orang yang kehilangan pekerjaannya banyak pedagang yang gulung tikar disebabkan adanya pandemi covid 19. Namun hal ini justru sangat berpengaruh kepada mereka yang memiliki jiwa wirausaha yang membara. Mereka harus memutar otak bagaimana agar penjualan mereka tetap berjalan meski dalam keadaan yang seperti ini.

Bersama dengan risiko besar yang diambil oleh wirausahawan mereka dituntut untuk memiliki inovasi dan kreativitas yang perlu dikembangkan dengan tujuan untuk bisa beradaptasi dengan era pandemi.

Dengan berbagai permasalahan yang ada artikel ini berguna untuk mengetahui bagaimana strategi untuk menjadi wirausahawan yang sukses.

1. Kerja keras dan tekun

Jika kalian ingin mempertahankan atau mengembangkan usaha di meskipun di era pandemi maka kunci utamanya yakni bekerja keras dan tekun dalam mengerjakan sesuatu. Hal ini memang terdengar simple namun jika hal ini tidak dilakukan maka usaha yang akan kamu kembangkan terasa sia-sia.

2. Berani menantang diri

Seorang wirausaha harus siap dalam menghadapi tantangan atau resiko kedepannya. Maka semua itu bisa dimulai dengan menantang diri sendiri untuk bisa merubah pemikiran yang awalnya tidak mungkin menjadi mungkin.

3. Percaya diri

ketika kalian sedang atau ingin melakukan hal yang baru kalian harus memiliki kepercayaan diri terlebih jika mendapatkan kritikan yang menyakitkan hati maka jangan di anggap itu sebagai beban namun anggaplah hal tersebut sebagai motivasi untuk kedepannya. Ketika kepercayaan diri kalian semakin bertambah maka semua akan menjadi terasa lebih ringan namun sebaliknya jika kepercayaan diri kalian mulai menurun maka itu akan menjadikan suatu beban dalam pundak kalian.

Share:

No comments:

Post a Comment

Popular

Labels

Recent Posts

Label Cloud

About (2) Agenda (8) Artikel (21) bidang hikmah (1) Bidang Immawati (1) Bidang Kader (1) bidang SPM (1) BTKK (1) buletin (2) Data Base (1) ekowir (1) galeri (5) Immawan (2) Immawati (9) Informasi (8) islam (2) Kajian (1) MAKALAH (2) Opini (15) Organisasi (2) Profil (1) Puisi (4) Resensi (6) Review (1) struktur (1) Tabligh (2)

QOUTES

Tidak akan ada kebenaran yang muncul di kepala, bila hati kita miskin akan pemahaman terhadap ajaran agama Allah.
-KH.Ahmad Dahlan