PUBLIKASI MASTA 2021

 

 

No.

Dokumentasi Agenda

Nama

Link Akses

1.


 

Rapat Progress Kinerja Masing-Masing Sie

(Senin, 16 Agustus 2021)

 

2.


 

TM Masta Virtual IMM

(Kamis, 26 Agustus 2021)

3.

 

Masta I

 (Jumat, 27 Agustus 2021)

Sumber : *kelas K kloter I

 

4.

 

Masta II

 (Sabtu, 28 Agustus 2021)

Sumber : *kelas besar kloter II

Evaluasi PMK pasca Masta

(Rabu, 1 September 2021)

5.

 

Evaluasi PMK pasca Masta

(Rabu, 1 September 2021)

 

PRA PELAKANAAN KEGIATAN

Sebuah kegiatan dapat berajalan sesuai harapan adalah suatu keinginan dari penyelenggaranya. Maka dari itu, perlu adanya persiapan dengan sungguh-sungguh serta koordinasi dan komunikasi yang baik.  Pada masa pandemi ini, demi merealisasikan hajat perkaderan melalui rangkaian acara Masta Vitual IMM. Maka, dibentuklah sebuah kepanitiaan, yang terdiri dari Penanggung Jawab (PJ), Master oof PMK, Steering Commitee (SC), dan Organizing Commitee (OC). Supaya, persiapan dan pelaksanaan Masta dapat berjalan dengan optimal walaupun harus Work From Home (WFH). PJ adalah penanggung jawab utama atas kegiatan ini. SC adalah komponen kepanitiaan yang bertugas untuk mennyusun konsep acara, mengarahkan, dan mengontrol terhadap panitia secara keseluruhan. Sedangkan OC adalah sebagai motor penggerak jalannya agenda ini. OC terbagi atas ketua panitia, sekretaris panitia, bendahara panitia, dan seksi-seksi panitia.

Rapat virtual I dimulai pada tanggal 16 Agustus 2021. Disana menetapkan bahwa pelaksanaan Masta harus diberlangsungkan secara daring. Dikarenakan, ditinjau dari kegiatan Masta Virtual IMM tahun kemarin dan melihat kondisi pandemi yang belum memungkinkan untuk melakukan kegiatan secara luring. Dalam serangkaian berlangsungnya Masta, panitia tidak hanya berkerja profesional berdasarkan tugas masing-masing, tetapi saling membantu satu sama lain (kolektif kolegial).

Sistematika pendaftaran dimulai sejak tanggal 13 Juli 2020 dilakukan melalui g-form, melalui link https://forms.gle/AALc6Qm1wYbzdN1z6 Di mana pada tanggal 20 Agustus terakumulasi sejumlah 1341 pendaftar. Seiring pada hari Masta ada mahasiswa yang mengundurkan diri dari UMS, tidak mengikuti Masta PMB 2021, dan terjadi human error saat pengolahan data di google form yang mengakibatkan identitas ganda pada beberapa peserta.

Setelah melakukan pendaftaran, mahasiswa diarahkan untuk melakukan verifikasi. Verifikasi dilakukan secara daring melalui chat WhatsApp dengan mengkontak contact person yang telah disematkan di pengumuman WhatsApp Groups dan Instagram.

Pasca verifikasi, peserta diarahkan untuk membuat konten video yang berjudul ‘What Do You Know About IMM’. Disana, peserta dihantarkan untuk berkenalan dengan IMM sebelum kegiatan Masta berlangsung (warming up section). Selanjutnya, video tersebut diunggah pada akun instagram masing-masing peserta.

Kemudian, pra pelaksanaan ditutup dengan mini talkshow yang berlangsung di Instagram akun milik pkimmfkipums dengan tajuk ‘Bincang Seputar Masta IMM 2021’. Kegiatan ini diadakan pada tanggal 26 Agustus 2021 yang membahas tentang pelaksanaan Masta IMM 2021 dimana kegiatan ini berbeda dari tahun lalu.

PELAKSANAAN KEGIATAN

Pada tahun ini, Masta 2021 bertemakan Bersama IMM Menggali Potensi Mahasiswa Menuju Sumber Daya Pendidikan yang Berkarakter di Era Pandemi.” Masta tahun ini seperti tahun lalu yang diadakan secara daring sesuai dengan arahan dari kampus. Dalam agenda ini, terdapat Pemandu Materi Kelas (PMK) yang akan membersamai peserta selama kegiatan berlangsung. Media penghubung dua komponen tadi adalah WhatsApp Groups, Google Meet, dan Zoom. Masta Virtual IMM diselenggarakan pada pukul 06.30-16.00 WIB. Kloter I dimulai pada Jumat, 27 Agustus 2021 dan kloter II dimulai pada Sabtu, 28 Agustus 2021. Selama Masta, baik PMK ataupun peserta mengenakan busana dominan merah.  Untuk penjelasan Masta lebih lanjut. Dapat disimak melalui keterangan di bawah dan beberapa lampiran.

MASTA I

            Dimulai pada Jumat, 27 Agustus 2021 dengan jumlah peserta sekitar 702 mahasiswa. Mulanya para PMK stand by di WhatsApp Group kelas mereka untuk melakukan presensi dan rekap pada pukul 07.00. Selain presensi, para PMK juga menyempatkan memberikan arahan selama pertemuan di gmeet berlangsung. Lalu, PMK lainnya menyiapkan ruang meeting. Selanjutnya, salah satu PMK memberikan intermeso terkait materi yang hendak dibahas sekaligus melakukan taaruf ceria hingga pukul 07.50. Lalu, peserta menghadapi materi I yang bertema Muhammadiyah di Era Milenial’ hingga pukul 09.00. Pada pukul 09.20 peserta tetap di ruang zoom pergantian materi II yang bertema ‘Motivasi Organisasi dan Pengantar Gerakan’ hinnga pukul 10.30. Selanjutnya peserta diminta untuk mengumpulkan resume materi I dan II hingga pukul 12.00.

MASTA II

MASTA 2 diselenggarakan tanggal 28 Agustus 2021 dengan jumlah peserta kurang lebih 600 mahasiswa. Jumlah peserta pada kloter 2 berkurang dari jumlah Kloter 1 karena diratakan di kloter 1 dengan jumlah kelas 21 dan kloter 2 tetap 21 kelas tetapi dengan jumlah peserta yang lebih sedikit. Tidak ada perbedaan dalam penyelenggaraan masta di google meet semua sama seperti kloter 1 dengan susunan mahasiswa presensi terlebih dahulu di WAG kelas dengan PMK setelah pukul 07.00 WIB peserta diarahkan untuk masuk ke Zoom dengan link yg sudah diberikan CO-PMK. Masta Kloter 2 ini berjalan lancar walaupun ada beberapa hambatan seperti sinyal yang tidak stabil, kehabisan kuota, ada beberapa anak yang tidak aktif, dan lain sebagainya.

PASCA PELAKSANAAN KEGIATAN

Setelah selesai Masta I, panitia dan PMK melakukan evaluasi melalui Google Meet. Evalusi ditujukan terkait kendala para PMK dan peserta serta penyampaian strategi Masta selanjutnya.  Selanjutnya, untuk peserta kloter I dan kloter II ramah tamah dengan PMK perkelas juga diberikan program lanjutan yang sama. Para PMK kelas menentukan waktu untuk melakukan QnA sebagai media untuk pendalaman. Setelah sesi QnA selesai, maka peserta kloter I dan kloter II baru mengerjakan follow up Masta berupa mengikuti diskusi kajian online yang diselenggarkan PK IMM FKIP UMS.

 

 

Share:

No comments:

Post a Comment

Popular

Labels

Recent Posts

Label Cloud

About (2) Agenda (8) Artikel (21) bidang hikmah (1) Bidang Immawati (1) Bidang Kader (1) bidang SPM (1) BTKK (1) buletin (2) Data Base (1) ekowir (1) galeri (5) Immawan (2) Immawati (9) Informasi (8) islam (2) Kajian (1) MAKALAH (2) Opini (15) Organisasi (2) Profil (1) Puisi (4) Resensi (6) Review (1) struktur (1) Tabligh (2)

QOUTES

Tidak akan ada kebenaran yang muncul di kepala, bila hati kita miskin akan pemahaman terhadap ajaran agama Allah.
-KH.Ahmad Dahlan