Webinar “Sambung Rasa Sambung Karsa di Lingkar Media guna Membangun Peradaban Bangsa” Sebagai Rangkaian Semarak Milad Ke-57 IMM FKIP UMS

 

Oleh : IMMawan Lalu Muhammad Ilham Fajri

KABID RPK IMM FKIP UMS

14 Maret 2021 lalu, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) telah menempuh usia yang cukup dewasa. Organisasi pergerakan dan perkaderan ini telah melewati berbagai tantangan zaman dengan berbagai lika-likunya. Jiwa yang tangguh dan nalar kritis kader-kadernya sangat diperlukan untuk menghadapi berbagai permasalahan tersebut. Dibutuhkan penanaman kesadaran yang kokoh untuk senantiasa meluruskan arah langkah untuk melawan kemungkaran dan mengajak kebenaran dan memperjuangkan hak-hak rakyat.

Di era kecanggihan teknologi ini, media massa merupakan aspek terpenting dan mempengaruhi kehidupan mayarakat. Kecanggihan media massa dapat mempermudah lalu lintas informasi dan pengetahuan termasuk juga lalu lintas ekonomi, budaya dan lain-lain. Namun, disamping manfaat itu, terdapat dampak-dampak negatif yang turut meyertai berkembangnya media massa. Misalnya hoax, hegemoni pemerintah ke arah yang buruk, penutupan isu, westernisasi, penghancuran budaya, persaingan ekonomi global dan lain-lain.

Dewasa ini, media bukan hanya sekedar sebagai sekumpulan informasi siap konsumsi tapi dapat juga digunakan sebagai amunisi dalam peperangan di tengah kecanggihan teknologi komunikasi. Dalam peperangan tersebut, media pers dan jurnalistik memiliki peranan penting untuk memperjuangkan aspirasi rakyat dan mencerdaskan rakyat. Untuk melakukan perjuangan tersebut, dunia pers dan jurnalistik perlu memegang sikap independen dan berupaya membebaskan diri agar tidak terikat dengan penguasa. Namun dalam kebebasan tersebut, pers dan jurnalistik bukan hanya mementingkan keuntungan pribadi. Perlu adanya tanggung jawab sosial.

Pentingnya menelisik dapur media massa agar dalam memproduksi warta berita agar mampu menyuarakan aspirasi dan perasaan rakyat, mendorong PK IMM FKIP UMS untuk menyelenggarakan webinar dengan tajuk “Sambung Rasa Sambung Karsa Di Lingkar Media Guna Membangun Peradaban Bangsa” dalam rangkaian Milad ke-57 IMM pada 27 Maret 2021 yang lalu.

Webinar kali ini dipantik oleh dua orang pemateri yang sama-sama bergerak di dunia jurnalistik dan media massa, yakni Adib Muttaqin Asfar yang merupakan editor berita di Solopos dan pegiat Aliansi Jurnalistik Independen Surakarta.  Pembicara kedua ialah Taufiq Nandito yang bergiat di Pandiva Media dan Surakartadaily. Di samping itu kegiatan ini juga dimoderatori oleh Mariliana Ariesta Vani Dari LPM Figur FKIP UMS. Wakil Dekan III FKIP UMS Bapak Taufik Nur Hidyat dan Ketua PC IMM Surakarta IMMawan Arif Nur Faudin turut memberikan sambutan dalam acara ini.

Webinar ini  membahas mengenai kondisi media massa terkini, peran penting jurnalis yang independen dan peduli sosial, bagaimana cara bermedia massa dengan positif dan produktif, dan bagaimana cara menyikapi persoalan-persoalan terkini terkait media masa. Kegiatan disambut dengan antusias oleh mahasiswa, baik dari kader-kader IMM maupun mahasiswa umum. Lebih dari 100 mahasiswa turut mengikuti kegiatan webinar ini.

Kegiatan webinar ini berjalan dengan lancar mulai dari pukul 09.00 sampai dengan pukul 12.10 WIB. Materi yang diberikan cukup luas namun dirangkai dalam penyampaian yang lugas dan santai sehingga sangat nyaman untuk disimak. Sesi diskusinya pun cukup seru, dibuka 2 sesi pertanyaan dan sekitar enam peserta turut bertanya dan berdiskusi dalam acara ini.

Webinar yang berlangsung beberapa bulan yang lalu ini, diharapkan mampu menjadi penyulut semangat kritis Mahasiswa yang memiliki tanggung jawab dalam mengawasi, memperjuangkan, dan menyuarakan hak-hak rakyat. Kepedulian mahasiswa terhadap media massa tentu menjadi pondasi penting dalam perjuangan tersebut.

Dokumentasi Kegiatan Webiar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Share:

No comments:

Post a Comment

Popular

Labels

Recent Posts

Label Cloud

About (2) Agenda (8) Artikel (21) bidang hikmah (1) Bidang Immawati (1) Bidang Kader (1) bidang SPM (1) BTKK (1) buletin (2) Data Base (1) ekowir (1) galeri (5) Immawan (2) Immawati (9) Informasi (8) islam (2) Kajian (1) MAKALAH (2) Opini (15) Organisasi (2) Profil (1) Puisi (4) Resensi (6) Review (1) struktur (1) Tabligh (2)

QOUTES

Tidak akan ada kebenaran yang muncul di kepala, bila hati kita miskin akan pemahaman terhadap ajaran agama Allah.
-KH.Ahmad Dahlan