Resensi Anime The Promised Neverland

 

Oleh IMMawan Aditya Wisnu Pradipta

Anggota bidang media dan komunikasi PK IMM FKIP

 

Sutradara            :      Mamoru Kanbe

Skenario             :      Toshiya Ono

Musik                 :      Takahiro Obata

Studio                 :      CloverWorks

Tayang                :     11 Januari 2019 – 28 Maret 2019

Episode               :     12 (Daftar episode)

Genre                  :     Dark Fantasy, Science Fiction, Thriller

 

Musim kedua dari seri anime The Promised Neverland diadaptasi dari manga berjudul sama karya Kaiu Shirai dan Posuka Demizu dan tayang pada tanggal 8 Januari 2021.

 

Sinopsis

            Anime Yakusoku no Neverland atau dalam Bahasa inggris bernama The Promised Neverland ini bercerita tentang anak-anak yang hidup disebuah rumah di tengah padang rumput yang dikelilingi hutan. Anak-anak tersebut hidup bahagia bersama. Diantara anak-anak tersebut, ada 3 anak yang paling pintar, yaitu Emma, Ray, dan Norman. Ketiga anak tersebut selalu mendapatkan nilai test tertinggi setiap ujian berlangsung. Anak-anak disana dijaga oleh seorang pengasuh wanita yang biasa dikenal sebagai mama bernama Isabella. Diwaktu senggang mereka biasa bermain kejar kejaran bersama dengan anak-anak lain. Stiap anak di dalam panti tersebut memiliki mimpi bisa keluar dari sana dan mendapatkan keluarga seperti anak pada normalnya, karena pada dasarnya mereka dari sejak bayi sudah berada dan dirawat di panti tersebut. Pada suatu hari mama Isabella memberitahu bahwa anak bernama Conny sudah diadopsi oleh orangtua baru, jadi dia harus berpisah dengan anak-anak lain malam itu juga. Sebelum berpisah semua memberikan salam perpisahan kepada Conny, terutama Emma yang sangat sedih terhadap kepergian Conny. Pada akhirnya Emma dan Norman memutuskan untuk mengikuta mama dan juga Conny ke gerbang karena Conny lupa membawa boneka kelinci hadiah perpisahanya. Namun para anak di panti tersebut diminta untuk agar tidak mendekati gerbang yang menjadi jalan keluar dari linkungan tersebut atau memanjat tembok yang membatasi area tersebut atau mereka akan menerima hukuman. Tapi Emma dan Norman sudah membulatkan tekadnya dan siap menerima hukuman. Namun setelah mereka sampai di gerbang ternyata mereka menemukan Conny sudah tidak bernyawa lagi dengan kondisi tubuh kering kehabisan darah dan tertancap bunga yang mekar berwarna merah di jantungnya. Lalu Emma dan Norman menemukan mama Isabella mengobrol dengan makhluk menyeramkan yang orang memanggilnya iblis. Setelah kejadian itu Emma dan Norman sadar bahwa sebenarnya mereka bukan akan diadopsi melainkan dikirimkan kepada para iblis sebagai santapan mereka. Setelah itu mereka kembali ke panti asuhan dengan wajah ketakutan dan juga mereka memberi tahu Ray tentang semuanya dan berencana untuk kabur dari panti asuhan itu. Pada season pertama diceritakan tentang bagaimana mereka kabur dari panti asuhan yang ternyata adalah peternakan tersebut. Lalu pada season ke dua kita akan diperlihatkan bagaimana mereka bertahan hidup di dunia iblis dan mencari jalan keluar ke dunia manusia.

Penokohan

            Penokohan dalam anime ini sangat bagus ditambah lagi dengan Voice Actor/Actress jepang yang khas dalam pembawaan setiap karakter yang menjadikan anime ini semakin menarik dalam setiap episodenya. Emma sendiri memiliki karakter yang keras kepala dan gegabah walaupun begitu fisiknya paling unggul diantara anak yang lain. Ray memiliki karakter pendiam dan juga seorang agen ganda diamana dalam anime dia menjadi mata-mata bagi Isabella dan juga bagi temanya walaupun dia sendiri berpihak kepada teman-temanya, Ray juga memiliki karakter yang masa bodoh dengan sekitar namun sebenarnya dia adalah pengamat yang jeli. Sedangkan Norman adalah karakter yang pandai menyembunyikan niatnya sebenarnya dengan senyum palsu dan ekspresi lainya, dia juga karakter paling jenius dibandingkan dengan Emma dan Ray namun dialah yang memiliki fisik paling lemah.

Tokoh Protagonis

Manusia

1.    1. Emma

2.    2. Ray

3.     3.Norman

4.     4.Don

5.     5.Gilda

Iblis

1.     1.Mujika

2.     2.Sonju

Antagonis

Manusia

1.     1.Isabella

2.     2.Krone

3.     3.Grandma

4.     4.Peter Ratri

Iblis

1.     1.Leuvis

2.     2.Bayon

 

Kelebihan

            Anime ini menawarkan cerita yang menarik dengan nuansa dunia fantasi dan alur cerita yang bagus membuat anime ini menjadi salah satu anime yang wajib ditonton untuk kalian yang menyukai anime dark fantasy. Penokohan dan juka pengisian suara yang menghayati dalam setiap aksinya menjadi pont plus bagi anime ini. Alur cerita dalam anime ini membuat kita para penonton menjadi semakin penasaran. Banyak filosofis dan juga moral yang bisa kita ambil dalam anime ini. Grafis dan motion pada anime ini juga menarik. Sehingga penonton diberikan sensasi aksi yang wah dalam setiap episodenya. Anime ini juga sangat cocok bagi kalian yang suka menonton genre thriller  karena anime ini banyak menampilkan adegan mutilasi. Soundtrack anime ini juga sangat cocok dengan alur cerita nya, apalagi lagu backsound berjudul Isabella Lullaby merupakan backsound ter-epic.

 

Kekurangan

            Sayangnya Anime ini tidak bukan anime yang bisa dilihat oleh berbagai usia karena unsur-unsur yang saya pikir masih banyak sekali yang tidak cocok untuk anak-anak, adegan penyiksaan, adegan pembantaian dan lain-lain. Mungkin cover anime ini terlihat seperti anak-anak namun jangan tertipu oleh cover. Ending dari anime ini yaitu di season 2 sangat berbeda dari manganya dan banyak adegan di manga yang di skip di anime dan di akhir terdapat time skip menjadikan ending dari anime ini menjadi kurang puas karena masih banyak yang bertanya-tanya. Dan untuk tokoh villain mungkin menurut saya kurang wah sehingga kurang menjadikan protagonis greget. Pada season 1 banyak adegan yang memperlihatkan perdebatan dan pembicaraan yang terlalu banyak sehingga membuat saya bosan dalam menonton anime ini. Tapi semua kembali ke pendapat masing-masing.

 

            Nah Itu teman-teman resensi anime kali ini. Semoga bisa menjadi refrensi penggabutan IMMawan dan IMMawati ketika senggang. Kalau menurut saya rating untuk anime ini adalah 4,5 bintang deh, karena menarik untuk ditonton dan juga ceritanya menarik sayangnya endingnya tidak persis seperti di manga yang menjadikan anime ini pure Happy Ending.

Billahi fii sabillil Haq Fastabiqul Khoirot

Wassalamualaikum Wr. Wb

 

 

Share:

No comments:

Post a Comment

Popular

Labels

Recent Posts

Label Cloud

About (2) Agenda (8) Artikel (21) bidang hikmah (1) Bidang Immawati (1) Bidang Kader (1) bidang SPM (1) BTKK (1) buletin (2) Data Base (1) ekowir (1) galeri (5) Immawan (2) Immawati (9) Informasi (8) islam (2) Kajian (1) MAKALAH (2) Opini (15) Organisasi (2) Profil (1) Puisi (4) Resensi (6) Review (1) struktur (1) Tabligh (2)

QOUTES

Tidak akan ada kebenaran yang muncul di kepala, bila hati kita miskin akan pemahaman terhadap ajaran agama Allah.
-KH.Ahmad Dahlan