Dokumentasi Kegiatan Masta Susulan Online PK IMM FKIP 2020/2021

 

No.

Dokumentasi Agenda

Nama

Link Akses

1.

 

 


 

 

 

 

 

 

 

 

Rapat Progress Kinerja Masing-Masing Sie

(Senin, 13 Oktober 2020)

 

 

2.



Pembagian Kelas  Masta Susulan Virtual

(Rabu-Kamis, 14-15 Oktober 2020)

3.



TM Masta Virtual IMM

(Kamis, 15 Oktober 2020)

4.



Grand Opening  Masta Susulan Virtual

 (Jum’at, 16 Oktober 2020)

 

 

5.



Diskusi Schoology Masta Susulan Virtual

 (Sabtu, 17 Oktober 2020)

 

 

 

6.



Pelaksanaan Masta Susulan Virtual

( Ahad, 18 Oktober 2020)

7.



Evaluasi PMK pasca Masta  Susulan

(Senin, 26 Oktober 2020)

 


 

A.    PRA PELAKANAAN KEGIATAN

Sebuah kegiatan dapat berajalan sesuai harapan adalah suatu keinginan dari penyelenggaranya. Maka dari itu, perlu adanya persiapan dengan sungguh-sungguh serta koordinasi dan komunikasi yang baik.  Pada masa pandemi ini, demi merealisasikan hajat perkaderan melalui rangkaian acara Masta Vitual IMM. Maka, dibentuklah sebuah kepanitiaan, yang terdiri dari Penanggung Jawab (PJ), Steering Commitee (SC), dan Organizing Commitee (OC). Supaya, persiapan dan pelaksanaan Masta dapat berjalan dengan optimal walaupun harus Work From Home (WFH). PJ adalah penanggung jawab utama atas kegiatan ini. SC adalah komponen kepanitiaan yang bertugas untuk mennyusun konsep acara, mengarahkan, dan mengontrol terhadap panitia secara keseluruhan. Sedangkan OC adalah sebagai motor penggerak jalannya agenda ini. OC terbagi atas ketua panitia, sekretaris panitia, bendahara panitia, dan seksi-seksi panitia.

Rapat Masta Susulan dimulai pada tanggal 13 Oktober 2020. Disana menetapkan tentang sistematika Masta Susulan yang berporos pada evaluasi Masta Gelombang I dan II. Dalam serangkaian berlangsungnya Masta, panitia tidak hanya berkerja profesional berdasarkan tugas masing-masing, tetapi saling membantu satu sama lain (kolektif kolegial).

            Dalam pengorganisiran peserta, dokumen peserta didapatkan melalui data Masta PMB Virtual Susulan yang diperoleh dari Wakil Dekan FKIP III. Selanjutnya, peserta dikelompokkan pada 28 kelas dengan masing-masing 30-31 peserta. Agenda pembagian kelas ini dilaksanakan pada Rabu-Kamis, 14-15 Oktober 2020. Kemudian, untuk Kamis sore agenda dilanjutkan dengan tehnical meeting peserta Masta IMM Virtual Susulan. Lanjut, pada Jumat, 16 Oktober 2020 peserta mengikuti dan resume materi webinar. Akhirnya, serangkaian pra Masta IMM Virtual Susulan ditutup dengan diskusi di schoologhy pada tanggal 17 Oktober 2020.

B.     PELAKSANAAN KEGIATAN

Pada tahun ini, Masta 2020 bertemakan Menggembirakan Dakwah Ikatan, Kolaborasi Menuju Kampus yang Mencerahkan.” Masta tahun ini adalah Masta yang diadakan pertama kali secara daring. Dalam agenda ini, terdapat Pemandu Materi Kelas (PMK) yang akan membersamai peserta selama kegiatan berlangsung. Media penghubung dua komponen tadi adalah WhatsApp Groups dan Google Meet. Masta Virtual IMM diselenggarakan pada pukul 07.00-11.15 WIB. Kloter I dimulai pada Ahad, 30 Agustus 2020 dan kloter II dimulai pada Senin, 31 Agustus 2020. Selama Masta, baik PMK ataupun peserta mengenakan busana dominan merah.  Untuk penjelasan Masta lebih lanjut. Dapat disimak melalui keterangan di bawah dan beberapa lampiran.

MASTA SUSULAN

            Kegiatan Masta Susulan ini diadakan pada tanggal 18 Oktober 2020. Mulanya para PMK stand by di WhatsApp Group kelas mereka untuk melakukan presensi dan rekap pada pukul 07.00. Selain presensi, para PMK juga menyempatkan untuk memberikan arahan selama pertemuan di google meet yang berlangsung. Lalu, PMK lainnya menyiapkan ruang meeting. PMK di setiap kelas terdiri dari 2-3 anggota dengan salah satu menjadi CO-PMK. Pada pukul 06.30-07.00 PMK melakukan presensi di WhatsApp Groups. Sementara itu CO-PMK atau PMK yang lain bisa menyiapkan ruang untuk melakukan kegiatan Masta di google meet. Pada pukul 07.00 mahasiswa mulai diarahkan untuk berpindah ke google meet. Lalu, peserta menghadapi materi I berupa ‘Gambaran Dakwah Muhammadiyah melalui IMM’ hingga pukul 09.00. Pada pukul 09.15 peserta dikumpulkan lagi di grup WhatsApp untuk intermeso materi ke-2, yaitu ‘IMM sebagai Gerakan Mahasiswa dan Mulok’ hingga pukul 11.30. Setelah itu, peserta melakukan penugasan di schoologhy. Kegiatan Masta Susulan ini berjalan dengan lancar walaupun dalam kegiatannya masih ada kendala seperti sinyal yang tidak stabil, baterai yang habis, kehabisan kuota, masih adanya anak yang kurang aktif sehingga PMK harus berusaha mengaktifkan kelas dan mahasiswanya, dan masih ada beberapa lagi.

C.    PASCA PELAKSANAAN KEGIATAN

Setelah kegiatan masta susulan ini dilakukan, panitia memberikan tugas pasca masta berupa membuat minimal 5 soal yang berkaitan dari video bidang di Youtube PK.IMM FKIP, setelah pembuatan soal mahasiswa disuruh menjawab dari berbagai sumber baik dari diskusi yang sudah dilakukan pada saat materi mulok maupun mengadakan diskusi mandiri bersama PMK di kelas. Setelahnya tugas pembuatan soal jawab dikumpulkan kepada PMK untuk direkap dan dimaksukkan kedalam Google Form yang telah disediakan panitia. 

Tugas masta susulan yang kedua yaitu pengadaan lomba untuk menyemarakkan kegiatan masta susulan. Lomba tersebut terdiri dari lomba sambung lagu IMM dan lomba paduan suara. Kegiatan lomba ini diharapkan dapat mengakrabkan antar mahasiswa yang ada dalam satu kelas karena dituntut untuk bekerja sama. Lomba ini juga diharapkan dapat menambah wawasan tentang IMM. Kegiatan lomba ini dibuat dengan dikoordinasi oleh penanggung jawab di kelas tersebut. Setelah pembuatan video lomba selesai, video bisa diupload di Youtube menggunakan salah satu akun dari mahasiswa.

Kegiatan masta susulan dari mulai pra masta, pelaksanaan masta, hingga pasca masta sudah selesai dilakukan. Panitia bersama PMK melakukan evaluasi di forum diskusi Google Meet. Dalam kegiatan evaluasi ini PMK menyampaikan kendala-kendala yang terjadi selama kegiatan masta susulan yang bisa digunakan untuk pembelajaran pada kegiatan selanjutnya.

 

 

Share:

No comments:

Post a Comment

Popular

Labels

Recent Posts

Label Cloud

About (2) Agenda (8) Artikel (21) bidang hikmah (1) Bidang Immawati (1) Bidang Kader (1) bidang SPM (1) BTKK (1) buletin (2) Data Base (1) ekowir (1) galeri (5) Immawan (2) Immawati (9) Informasi (8) islam (2) Kajian (1) MAKALAH (2) Opini (15) Organisasi (2) Profil (1) Puisi (4) Resensi (6) Review (1) struktur (1) Tabligh (2)

QOUTES

Tidak akan ada kebenaran yang muncul di kepala, bila hati kita miskin akan pemahaman terhadap ajaran agama Allah.
-KH.Ahmad Dahlan