Melawan Ketidakadilan Gender

Oleh : Lucky Anggari Kusumaningtias
Mahasiswa Informatika, Universitas Muhammadiyah Surakarta
PK. Adam Malik UMS

Keadilan adalah suatu proses atau kondisi perlakuan terhadap wanita dan laki laki secara sama yang nantinya akan memciptakan rasa setara yang proporsional. Jika rasa adil tidak dapat diciptakan maka akan membuat semua hancur secara perlahan. Keadilan dalam gender sangat penting demi persatuan dan kemajuan masyarakat, bangsa dan Negara. 

Ketidakadilan gender terjadi karena banyak faktor. Faktor faktor nya yaitu : 

1. Marginalisasi Ketidakadilan gender karena jenis kelamin sebagai contoh wanita lebih berpeluang sebagai pembantu rumah tangga dan laki laki lebih berpeluang pada bidang yang berbau teknologi. 

2. Subordinasi Keyakinan bahwa salah satu jenis kelamin dianggap lebih penting. Sebagai contoh saat hendak bepergian . seorang istri harus meminta ijin terlebih dahulu kepada suami namun hal tersebut tidak terjadi pada suami jika hendak bepergian. 

3. Stereotype Penandaan yang cenderung bersifat negative. Sebagai contoh adalah saat wanita lebih cenderung dianggap hanya mengurus urusan rumah saja. 

4. Kekerasan  Kekerasan terjadi karena adanya perbedaan peran, sifat, dan sikap. Sebagai contoh adalah kekerasan seksual, kekerasan fisik, kekerasan psikis, dan kekerasan yang lainya.  

Ketidakadilan gender sangat membatasi potensi potensi yang seharusnya dapat dikembangkan. Maka dari itu kita sebagai generasi penerus bangsa harus mampu mengatasi masalah masalah tersebut. Karena masalah masalah tersebut akan sangat membahayakan kedamain Negara. Yang nantinya akan mengancam kehancuran bangsa dan Negara karena hilangnya rasa persatuan dan keadilan. Kemajuan teknologi akan memudahkan kita untuk mengatasi masalah masalah tersebut. 

Upaya pemerintah dalam mengatasi ketidakadilan gender adalah dengan menandatangani dokumen kesepakatan global tentang Sustainable Development Goals atau SDG. 

5 target SDG sebagai berikut: 

1. Mengakhiri segala bentuk diskriminasi. 
2. Menghapuskan segala bentuk kekerasan. 
3. Menghapuskan semua praktek praktek yang membahayakan. 
4. Menyadari dan menghargai pelayanan dan pekerjaan 
5. Memastikan bahwa semua perempuan dapat berpartisipasi penuh dalam berkehidupan politik, sosial dan ekonomi.

Dari upaya pemerintah tersebut Negara Indonesia sudah mampu mengurangi angka diskriminasi gender. Berdasarkan informasi yang saya dapat, Indonesia siap menghadapi revolusi industry 4.0, karena Indonesia mempunyai potensi yang sangat tinggi dan harus terus dikembangkan. Teknologi yang semakin hari semakin berkembang luas mengharuskan generasi muda untuk terus berproggres. Karena, harapan Negara berada pada generasi penerus bangsa yaitu  pemuda dan pemudi Indonesia. Dengan adanya kesetaraan gender di Indonesia, membuat potensi potensi yang terdapat dalam pemuda dan pemudi Indonesia dapat berkembang dan dilestarikan.  

Di masa sekarang ini tidak hanya laki laki saja yang terus berkarir namun juga banyak wanita yang memperjuangkan dan mengejar karir untuk masa depan. Hal ini merupakan bukti kemajuan bangsa akibat dari kesetaraan gender di Indonesia. Bayangkan saja, jika masih masyarakat Indonesia terus memegang teguh prinsip bahwa setinggi apapun pendidikannya pasti akhirnya akan berkutip di dapur , sumur, dan kasur. Prinsip tersebut sangat membatasi para wanita yang ingin mengembangkan potensi yang dimilikinya. 

Kita sebagai generasi penerus bangsa mempunyai peran penting dalam hal kesetaraan gender. Namun, bukan berarti kesetaraan gender lebih menjunjung  tinggi wanita tetapi, dengan adanya kesetaraan gender diharapkan kaum laki laki dapat mendukung mimpi kaum wanita yang ingin mengembangkan karirnya. Sehingga dapat terjadi kesetaraan gender di lingkuangan tersebut. Dan lama kelamaan akan membuat Negara tersebut mempunyai potensi yang tinggi. 

Peran seorang wanita dalam mengurus rumah dan keluarga itu wajib hukumnya, namun tidak menutup kemungkinan jika para wanita ingin mengembangkan potensi diri dan mengejar karir. Itulah alasan bahwa wanita karir disebut dengan wanita yang luar biasa. Wanita dan laki laki mempunyai hak yang sama dalam pengembangan potensi diri. Jadi tidak ada yang membatasi kaum hawa untuk terus berkembang. 

Upaya yang dilakukan Indonesia untuk mewujudkan kesetaraan gender telah dilakukan dalam berbagai bidang. Seperti bidang pendidikan, kesehatan, pemberdayaan ekonomi dan pelayanan public serta infrastruktur yang mendukung kesetaraan gender. Kesetaraan gender tidak hanya menjunjung tinggi kaum wanita namun juga menjunjung tinggi kaum laki laki. Diharapkan baik laki laki maupun wanita dapat membawa Negara ini menjadi lebih maju dengan potensi potensi yang berkembang dari diri masing masing. Dalam kehidupan sosial baik laki laki maupun perempuan mempunyai hak dan kewajiban yang sama baik dalam berkarir, berpendidikan, pembagian tugas, penyelesaian masalah dalam keluarga, serta rasa tanggung jawab dalam keluarga.  

Kita sebagai generasi penerus bangsa harus dapat mewujudkan cita cita bangsa yang salah satunya adalah mempersatukan rakyat. Dengan menjunjung tinggi kesetaraan gender sebuah Negara akan mampu membangun bangsa ini menjadi bangsa yang aman, nyaman, serta maju dan akan terus berkembang. Tingginya kesenjangan sosial juga mempengaruhi sebuah Negara, hal tersebut disebabkan karena adanya ketidakadilan gender dalam berkehidupan sosial masyarakat. Generasi muda merupakan agen perubahan di masyarakat dan Negara dengan demikian kita harus bisa mengatasi masalah tersebut. Hal itu dapat dimulai dari diri kita sendiri. 

Kesetaraan gender memang wajib untuk dijunjung tinggi, agar tidak kembali ke prinsip masa lalu. Prinsip masa lalu itu seperti wanita dilarang untuk bersekolah ataupun untuk mengejar cita citanya. Hal ini sangat berpotensi untuk menghancurkan sebuah Negara, karena dengan begitu sebuah Negara akan kehilangan berbagai potensi. Padahal potensi potensi tersebut terlahir dan dapat berkembang karena adanya kesempatan dan wadah yang telah diberikan. 

Kita sebagai pemuda dan pemudi Indonesia harus mampu melawan ketidakadilan gender sampai terwujudnya Negara yang adil dan makmur. Kita bisa melakukan upaya seperti:

1. Planning  
2. Organizing  
3. Amati dan pelajari organisasi wanita dan laki laki seperti dalam hal kepemimpinan 
4. Temukan peran produktif wanita dan laki laki 
5. Amati metode wanita dan laki laki dalam menentukan dan memenuhi kebutuhan 
6. Ubah posisi dan peranan wanita 
7. Cari informasi mengenai wanita lebih sering dirumah dan kekurangan akses di masyarakat sekitar 8. Pelajari kebutuhan khusus wanita serta laki laki 
9. Catat dan pelajari semua hak dan kewajiban wanita dan laki laki

Dengan adanya upaya upaya tersebut diharapkan dapat mengurangi ketidakadilan gender yang selama ini terjadi di Indonesia. Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa ketidakadilan gender itu muncul karena berbagai faktor. Dan kita sebagai generasi penerus bangsa harus mampu untuk melawan ketidakadilan gender tersebut melalui upaya upaya yang dapat kita lakukan dan didukung dengan upaya upaya pemerintah untuk mengurangi diskriminasi gender. Demgan hal hal tersebut diharapkan Indonesia mampu melahirkan generasi generasi yang unggul sehingga dapat memajukan bangsa dan Negara. 


Refrensi Situs 






Share:

No comments:

Post a Comment

Popular

Labels

Recent Posts

Label Cloud

About (2) Agenda (8) Artikel (21) bidang hikmah (1) Bidang Immawati (1) Bidang Kader (1) bidang SPM (1) BTKK (1) buletin (2) Data Base (1) ekowir (1) galeri (5) Immawan (2) Immawati (9) Informasi (8) islam (2) Kajian (1) MAKALAH (2) Opini (15) Organisasi (2) Profil (1) Puisi (4) Resensi (6) Review (1) struktur (1) Tabligh (2)

QOUTES

Tidak akan ada kebenaran yang muncul di kepala, bila hati kita miskin akan pemahaman terhadap ajaran agama Allah.
-KH.Ahmad Dahlan