Islam, Eropa, & Logika

RESENSI BUKU
Oleh: Muhammad Afriansyah
Judul                : Islam, Eropa, & Logika
Penulis             : Syarifah Salwasalsabila
Penerbit           : O2
Tebal               : 145 halaman
ISBN                : 979-17343-3-X
Dewasa ini, Islam menjadi agama yang paling pesat perkembangannya, terutama di benua Eropa yang notabene kebanyakan warganya adalah non muslim, bahkan kebanyakan negaranya menerapkan sistem liberal yang membebaskan warganya untuk beragama ataupun tidak beragama. Berbagai aturan yang mengekang kebebasan menunjukkan identitas agama di berbagai negara sebagai dampak aksi teror dan kekerasan yang mengatasnamakan Islam, tidak menyurutkan mereka yang sekedar ingin tahu apa itu Islam dan mengapa muslim amat sangat marah ketika Nabinya dihina, ingin belajar Islam, bahkan mereka yang ingin memeluk agama Islam. Buku ini berisi pandangan umum masyarakat Eropa tentang Islam dan muslim, mengapa mayoritas warga Eropa berpandangan negatif terhadap Islam dan muslim, dan sejarah Islam di benua Eropa terutama di Spanyol, serta lengkapai kisah dan pengakuan para muallaf. Buku ini terdiri 7 bab, yaitu bab 1: Ketika Agama Digugat, bab 2: Meretas Jalan Muhammad, bab 3: Masuknya Islam ke Eropa, bab 4: Berislam Secara Kaffah, bab 5: Islam dalam Pandangan Barat, bab 6: Kisah dan Pengakuan Para Mualaf Barat, dan bab 7: Mengukuhkan Keyakinan terhadap Islam.
Buku ini menyajikan berbagai macam hal tentang pemikiran Islam, terutama Islam dan perkembangannya di Eropa. Ditambah dengan penyajian fakta kejayaan Islam masa lampau di Eropa, khususnya Spanyol sebagai pusat peradaban Islam di Eropa saat itu. Bagaimana Islam datang dengan damai dan membawa kedamaian, tidak hanya bagi muslim, tetapi juga untuk non muslim. Islam juga membawa Eropa memasuki era renaisans/era pencerahan, dibuktikan dengan kemajuan di bidang intelektual yang meliputi filsafat, sains, fikih, musik, dan kesenian, serta bahasa dan sastra; di bidang pembangunan fisik, terutama di kota-kota besar kala itu sebagai pusat kebudayaan dan pemerintahan meliputi Cordova, Granada, dan Sevilla. Disajikan pula fakta-fakta tentang perkembangan Islam di masa modern. Poin-poin di atas yang membuat buku ini menarik untuk dibaca oleh semua kalangan.
Tak ada gading yang tak retak. Demikian juga buku karya Syarifah Salwasalsabila ini. Dalam buku yang terbit tahun 2008 ini, tidak disajikan fakta-fakta tentang sejumlah kekerasan yang terjadi di Eropa yang mengatasnamakan Islam, beberapa kasus mengenai pembuatan karikatur Nabi Muhammad SAW, dan peran lembaga-lembaga Islam yang ada di Eropa berkaitan dengan upaya penyebarluasan Islam dan memperjuangkan Islam dan muslim di tengah gempuran sekularisme terhadap Islam.
Semoga buku ini bermanfaat bagi segenap pembaca untuk meningkatkan keimanan kita dan memperjuangkan Islam dan muslim, minimal di lingkungan tempat tinggal kita, serta semoga kita semakin termotivasi dengan kisah dan pengakuan para mualaf, bagaimana spiritual journey (perjalanan religi) dalam mempertahankan, memperjuangkan, dan mendakwahkan Islam lewat caranya masing-masing.


Share:

No comments:

Post a Comment

Popular

Labels

Recent Posts

Label Cloud

About (2) Agenda (8) Artikel (21) bidang hikmah (1) Bidang Immawati (1) Bidang Kader (1) bidang SPM (1) BTKK (1) buletin (2) Data Base (1) ekowir (1) galeri (5) Immawan (2) Immawati (9) Informasi (8) islam (2) Kajian (1) MAKALAH (2) Opini (15) Organisasi (2) Profil (1) Puisi (4) Resensi (6) Review (1) struktur (1) Tabligh (2)

QOUTES

Tidak akan ada kebenaran yang muncul di kepala, bila hati kita miskin akan pemahaman terhadap ajaran agama Allah.
-KH.Ahmad Dahlan