IMM Adventure


IMM Adventure
Oleh IMMawati Istiqomah Noor Fajri

IMM Adventure, sebuah petualangan yang luar biasa berkesan bagi kader IMM komisariat FKIP UMS. Berangkat dari program kerja bidang kader, IMM Adventure telah memberikan banyak ilmu, kenangan dan pengalaman yang mungkin tak kan pernah terlupakan. Dilaksanakan di belahan bumi Indonesia bernama Karanganyar, tepatnya di Selorejo, Berjo, Ngargoyoso, Karanganyar pada hari jumat-ahad tanggal 29 November hingga 1 Desember 2013.
Pendalaman materi Ke-Islam-an, Ke-Muhammadiyah-an dan Ke-IMM-an disampaikan pada hari pertama. Tak hanya pedalaman materi, pada hari pertama, kader maupun pimpinan menyempatkan diri sejenak untuk membaca buku pada ruang baca yang dilaksanakan bada isya. Hari kedua, diawali dengan olahraga pagi dan materi ke-Mahasiswa-an sebelum outbond.
Outbond dilaksanakan dengan beberapa pos yang harus ditempuh serta rute yang tidak begitu mudah. Perjalanan yang memberikan kesan tersendiri dalam diri kader. Pemandangan gunung, hamparan ladang sayuran, pohon-pohon nan tinggi dan masih banyak lagi keajaiban Illahi yang tak mampu terungkapkan melalui tulisan ini. Perjalanan diakhiri pada pos 5 di kawasan air terjun jumog. Melepas penat, lelah dan melakukan orasi menjadi perpaduan yang begitu menyenangkan. Dilanjutkan dengan malam inagurasi berteman dengan cahaya lilin yang jadi penerang pada malam itu. Pertunjukan sederhana dari kebudayaan beberapa daerah di belahan bumi Indonesia dengan alat yang sangat sederhana pula.
Hari ketiga atau hari terakhir sebelum beranjak meninggalkan kota Karanganyar, peserta IMM Adventure melakukan analisis sosial, dimana peserta mengunjungi warga setempat dengan melakukan wawancara. Dari hasil wawancara tersebut kemudian dipresentasikan hingga timbul beberapa pertanyaan dan menghasilkan suatu kesimpulan.
Terlepas dari kegiatan IMM Adventure selama tiga hari tersebut, ada sebuah petualangan yang luar biasa yang dialami 6 orang yang datang menyusul pada kegiatan IMM Adventure. 6 orang dengan 3 sepeda motor, yang sama sekali tidak tahu jalan menuju lokasi IMM Adventure. 6 orang yang hanya mengandalkan insting dan papan petunjuk arah di jalan-jalan. 6 orang yang menembus kegelapan malam pegunungan dengan jalan yang cukup menanjak dan sangat gelap, hanya berteman dengan lampu sepeda motor. 6 orang yang menaiki sepeda motor dengan kecepatan tidak lebih dari 60 km/jam. Menikmati lampu kota dari atas gunung yang luar biasa menakjubkan. Hanya dengan bermodal bensin, receh dan doa disetiap langkah perjalanan itu, akhirnya sampai juga pada sebuah rumah yang dihuni oleh puluhan kader dengan kepemilikan atas nama Bapak Miyo.
Petualangan tidak hanya sampai disitu. Perjalanan pulang dengan menggunakan motor yang sama, bersama dengan rombongan akhirnya terpisah juga ditengah jalan. Melewati jalan yang belum pernah dilalui sebelumnya oleh 2 gadis yang sama-sama gila. Sekali lagi, hanya dengan doa, insting dan pembacaan papan petunjuk arah di jalan menuju perjalanan ke sebuah kota bernama Solo. Jalan yang begitu sepi, jauh dari jalan raya, bentangan sawah yang menemani perjalanan itu, serta jalanan yang jauh dari kata layak. Akhirnya tiba juga di kampus yang bukan hanya tempat kami kuliah, namun juga tempat singgah kami, rumah kami, tempat kami mengukir berbagai cerita yang telah kita torehkan bersama, disetiap waktu, tempat dan kenangan.
Kesan dari IMM Adventure ini tak sebatas 3 hari saja di kawasan Candi Sukuh maupun Air Terjun Jumog, namun lebih dari itu. Dimana kita menemukan sebuah keluarga, mencurahkan kasih sayang yang begitu indah, tak ada kata senior maupun junior, melainkan kakak dan adik.
Semoga petualangan ini tak hanya berhenti sampai di sini. Akan ada perjuangan-perjuangan yang akan kita torehkan bersama. Berangkat dari sebuah kota bernama Surakarta, menuju sebuah negeri bernama Indonesia.

Fastabiqul Khairat....
Abadi Perjuangan...
Jaya IMM
Tertulis tanggal 04 Desember 2013

Share:

No comments:

Post a Comment

Popular

Labels

Recent Posts

Label Cloud

About (2) Agenda (8) Artikel (21) bidang hikmah (1) Bidang Immawati (1) Bidang Kader (1) bidang SPM (1) BTKK (1) buletin (2) Data Base (1) ekowir (1) galeri (5) Immawan (2) Immawati (9) Informasi (8) islam (2) Kajian (1) MAKALAH (2) Opini (15) Organisasi (2) Profil (1) Puisi (4) Resensi (6) Review (1) struktur (1) Tabligh (2)

QOUTES

Tidak akan ada kebenaran yang muncul di kepala, bila hati kita miskin akan pemahaman terhadap ajaran agama Allah.
-KH.Ahmad Dahlan